Frequently Asked Questions

Apa saja beasiswa yang dapat kami apply?

Beasiswa yang umum tersedia adalah LPDP dan StuNed. Di TU Delft juga terdapat beasiswa dari universitas. Silakan cek link ini: https://www.tudelft.nl/onderwijs/praktische-zaken/scholarships , sementara IHE ada di link ini: https://www.un-ihe.org/education/tuition-and-scholarships, dan InHolland ada di link ini: https://www.inholland.nl/inhollandcom/enrolment/finance/knowledge-grant/


Apakah PPI dapat membantu mencarikan housing?

Kami tidak dapat membantu mencarikan tempat tinggal dikarenakan prosedur penyewaan yang cukup ketat, namun kami menyediakan informasi terkait bagaimana prosedur pencarian tempat tinggal di Survival Guide kami. Meski demikian, apabila masih berada di Indonesia memerlukan bantuan untuk viewing tempat tinggal yang sudah kamu hubungi, kami dapat berupaya membantunya. Silakan kunjungi juga forum housing kami barangkali ada yang sesuai.


Housing cari di mana?

Opsi-opsi tempat tinggal

(Premium) Student housing provider. Terdapat shared housing dan studio apartment.

  • Kamernet.nl
  • HousingAnywhere.com
  • Holland2Stay.com

(Premium) Studio and Apartment Provider di Belanda.

Makelaar :

  • Rent-a-room-delft.nl
  • Behome.nl
  • Kamersdelft.nl
  • Homelets.nl

Informasi juga ada di grup facebook :

  • “Kamer in Delft”
  • “Find a room(mate) in Delft”
  • “Find a room/roommate Delft”
  • Informasi lainnya juga bisa diperoleh di :

Situs TU Delft : https://www.tudelft.nl/over-tu-delft/werken-bij-tu-delft/nederland-tu-delft/support-for-international-employees/before-you-arrive/housing/property-to-rent

Pastikan sudah memperoleh kontrak tempat tinggal sebelum sampai di Delft. Bila membutuhkan sublet/tempat tinggal sementara karena ada jarak antara tanggal kontrak dan kedatangan hubungi PPI Delft, untuk dibantu dicari tempat sublet.


Bank account kira-kira yang paling sering dipake apa ya?

Kalau ingin setup bank dari Indonesia, bisa pakai Revolut. Kalau sudah sampai di Belanda, dapat membuat akun bank lokal, yang cukup populer ada ABN Amro, Rabobank, dan ING.


Untuk MVV, dulu mas dan mbak start datenya kapan ya? Apakah Agustus sudah aktif, atau bagaimana ya? Lalu untuk registrasi, apakah boleh kita menunda registrasi sampai MVV habis? Case ini untuk kita yang misalnya belum dapat housing yang bisa digunakan untuk registrasi, tapi dapat sublet (no chance of registration).

Starting date MVV adalah ketika diambil dari Embassy Belanda di Indonesia. Ini masa berlakunya 3 bulan untuk ditukar ke residence permit di belanda. Untuk registrasi dapet BSN itu ga terkait langsung sama MVV atau residence permit, tapi disarankan secepatnya bikin/registrasi pas tiba di belanda karena kebutuhan2 kaya buka rekening bank, rumah sakit dan lain2 banyak butuh BSN.


Asuransi baiknya dibuat di Indo atau di Belanda?

Di Belanda bisa, tapi sebaiknya dari Indonesia sudah diurus.


Ajukan Pertanyaan Tambahan